Kamis, 10 Desember 2015

TUGAS ONLINE 4
RENCANA PRODUKSI
1.      Tanah
Luas tanah yang dibutuhkan untuk usaha “Cafe Ice cream dan Coffee” kami kurang lebih 85 m2. Di wilayah yang sangat strategis, tempat yang dipilih yaitu di
Jl. Perintis Kemerdekaan I, Cikokol, Tangerang. 2.
2.      Bangunan
Bentuk bangunan luasnya sekitar kurang lebih 70 m2 dari luas tanah yang tersedia dan sisanya untuk tempat parkir.
3.      Mesin dan Peralatan
a. Blender
b. Kulkas
c.       Mesin Serut
d.      Mesin Penghasil es batu
e.       Box Ice cream
f.       Mesin Coffee
g.      Shaker untuk kopi
h.      Sendok Takar
i.        Mangkok
j.        Gelas
k.      Cangkir
l.        Scoop Ice Cream
m.    Meja dan Kursi
4.      Inventoris Kantor
a. Mesin Kasir
b. Tinta Printing
c. Alat Tulis Kantor (Pulpen, pensil, penghapus dan lain sebagainya)
d. Kertas Printing
e. Buku Jurnal
f. Mesin EDC untuk pembayaran non tunai
5.      Kendaraan
Kendaraan yang dibutuhkan hanya sepeda motor untuk berbelanja bahan baku dan untuk delivery service.
6.      Kontrak Dibayar Dimuka
Uang muka untuk sewa ruko sebesar Rp 10.500.000,- untuk memberi kepastian kepada pihak yang mempunyai ruko tersebut agar tidak disewakan kepada pihak lain.
7.      Biaya Sewa
Biaya sewa sebesar Rp 22.000.000,- per tahun karena letak ruko yang strategis kami berani membayar sewa dengan harga tersebut per tahun.
8.      Bahan Baku
a. Ice Cream dengan rasa Vanila, Cokelat, Strawberry, Durian, Green tea dan masih banyak lagi.
b. Coffee bubuk
c. Susu cair
d. Symple Syrup
e. Susu Bubuk
9.      Upah Tenaga Produksi
Biaya gaji karyawan produksi Rp 2.000.000,- per orang. Karyawan produksi sebanyak 4 orang jadi 4 orang x Rp 2.000.000 = Rp 8.000.000,- per bulan untuk upah tenaga kerja produksi.
10.  Biaya Umum
Kami menggunakan sosial media untuk pemasaran usaha kami sehingga kami memasang wifi di toko usaha kami dan untuk menambah nilai plus bagi konsumen yang memakan langsung kue kering unik kami. Biaya pemasangan wifi sebesar Rp 250.000,- per bulan. Selain sosial media kita juga membuat brosur dan spanduk untuk disebar diberbagai wilayah yang menghabiskan biaya sebesar Rp 100.000,-. Biaya listrik per bulan kami perkirakan sebesar Rp 450.000,-.
11.  Alat Tulis Kantor
a. Pulpen
b. Buku Catatan Pesanan
c. Pensil
d. Buku Jurnal
e. Kertas Printing
f. Tinta Printing
g. Kertas hvs
12.  Tata Letak bangunan
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar